Tour Karnaval Batik Solo

Karnaval Batik Solo

Siapa yang ga kenal solo guys..pasti pada tau kan urakarta atau nama lainnya solo, kota ini merupakan kota wisata yang asik buat dikunjungi. Solo memiliki potensi wisata yang cukup banyak, destinasi wisata yang kental dengan sejarah dan budaya serta kuliner yang enak menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung ke kota ini.

Solo sudah sangat dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batik terbesar di Indonesia. Tradisi pembuatan batik masyarakat kota ini berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Berbagai motif pun dihasilkan dan dikembangkan oleh para perajin batik di sini.  Beberapa sentra atau komunitas batik pun tumbuh di kota ini. Oleh karena itu untuk melestarikan dan menjaga budaya batik ini  Solo mengadakan acara karnaval tiap tahunnya, salah satunya yang dikenal dengan Karnaval Batik Solo. Solo Batik Carnival (SBC) atau disebut Karnaval Batik Solo adalah sebuah acara tahunan yang diadakan oleh pemerintah Kota Surakarta atau Solo sejak Juni tahun 2008 dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum. Para peserta Karnaval Batik Solo akan membuat kostum karnaval dengan tema-tema yang sudah di tentukan.

Karnaval Batik Solo merupakan parade kebudayaan terutama busana yang terbuat atau menggunakan unsur batik di jalan. Parade ini diadakan di jalan utama Kota Solo, Para peserta akan mengenakan kostumnya sendiri dan berjalan seperti salah satunya di Jalan Slamet Riyadi. Nantinya kalian bisa menikmati keindahan kreasi busana yang ditampilkan para peserta parade. Karnaval Batik Solo ini gratis kok kamu tinggal berdiri aja dispeanjang jalan slamet riyadi ini. Kamu akan menikmati parade ini karena para peserta parade berjalan lenggak-lenggok sambil memamerkan busana kreasi masing-masing. Batik yang bagi sebagian orang dianggap kaku dan ketinggalan zaman pun pada saat itu terlihat modern, penuh warna, dan terlihat sangat menarik

Daya Tarik Kota Solo

Selain nonton Karnaval Batik Solonya, solo juga memiliki banyak tempat wisata loh seperti curug grojogan sewu, candi cetho, kebun the kemuning,  taman semar, sumber air sapta tirta dan pasar maming tawangmamu dll. Nah selain tempat wisata kamu juga bisa sambil hunting makanan khas solo kayak solo selat solo, timlo, sate buntel, tengkleng, brambang asem dll. Jadi selama di solo kamu ga akan bosen deh dan kamu ga akan bingung karena tempat wisatanya  gampang dicari dan aksesnya juga sudah bagus,  kulinernya juga sangat enak. Selamat mencoba ya..

Oiya mari kita sama-sama menjaga kelestarian budaya khususnya batik Indonesia, karena sudah menjadi salah satu warisan budaya yang sudah diakui dunia, selain menyaksikan Karnaval Batik Solo kamu juga bisa sambil belajar mengenal batik solo.

Tanggal SBC : 26 – 28 Juli 2019

Tempat : Stadion Sriwedari Benteng Vastenburg dan sepanjang jalan utama kota solo

About Author

client-photo-1
rancupid

Comments

Leave a Reply