5 Festival Budaya Yang Diselenggarakan Pada Bulan Juli. Seru loh! (Part 1)

Indonesia memiliki bermacam Suku dan Budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, disetiap derah pasti memiliki khas Budaya masing-masing. Kali ini Qatu akan membahas 5 Festival Budaya yang diselenggarakan pada bulan Juli ini. Apa saja? mari kita lihat dibawah ini

 

  1. Festival 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat, NTT (5-12 Juli)

    source : kompas Travel
    Bagi masyarakat Sumba, kuda sandelwood menjadi lambang jati diri dan identitas budaya. Kuda Sandelwood selalu menemani orang Sumba dari momen kelahiran hingga kematian. Kuda Sandelwood selalu ada dalam setiap nafas orang Sumba.
  2. Festival Babukung, Kalimantan Tengah (17 Juli)

    source : Okezone
    Babukung adalah sejenis tarian ritual adat kematian Suku Dayak Tomun di Lamandau, Kalimantan Tengah. Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut Luha, sedangkan para penari disebut Bukung. Bukung-bukung ini datang dari desa tetangga atau kelompok masyarakat dengan tujuan menghibur keluarga yang berduka sambil menyerahkan bantuan. Melihat keunikan dan keeksotisan Babukung, Pemerintah Kabupaten Lamandau mengangkatnya menjadi salah satu agenda rutin festival budaya bernama Festival Babukung. Festival Babukung sudah digelar sejak tahun 2014.
  3. Festival Bumi Raflesia, Bengkulu (18-22 Juli)

    source : herry tjiang
    Dilatarbelakangi oleh potensi wisata alam, fenomena alam yang unik dan tersebar pada kawasan konservasi hutan hujan tropis dengan keanekaragaman sumberdaya hayati antara lain, bunga terbesar di dunia yakni Rafflesia Arnoldi. Festival Bumi Rafflesia 2019 menyajikan berbagai kegiatan yang bisa dinikmati wisatawan yaitu pergelaran seni budaya, Etnic Fashion Carnaval, Pesta Kuliner Khas Bengkulu, Pesta Kopi Khas Bengkulu, Pameran Pariwisata Sejarah dan Budaya, Lomba Lukis, Atraksi Dhol.Festival Bumi Rafflesia ditahun ini juga diikuti dengan serangkaian event lainnya seperti: Pentas Seni Budaya Lokal, Pentas Seni Budaya Mancanegara (5 negara peserta), Workshop ke Sekolah dan Sanggar, Street Pergormance, Cross Culture, Plant Tree, Visit Culture & Tourism yang dikonsep dalam tema besar “Bengkulu Internasional Folk Festival (BIFAF)”
  4. Toraja International Festival, Sulawesi Selatan (19-21 Juli)

    source : google
    Memperkenalkan keindahan dataran tinggi suci Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan, Toraja Internasional Festival (TIF) 2019 kembali digelar. Seperti biasa, Festival Toraja ini juga akan disorot dengan atraksi tradisional yang unik dan sakral seperti Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tomina.Festival ini juga akan menampilkan kesenian tradisional menarik lainnya dari bagian Indonesia seperti Tari Api Pepe-Pepe dari Gowa, Sulawesi Selatan dan Tari Dayak Hudoq dari Kalimantan Timur.
  5. Mizan Al Sufi, Jawa Barat (20 Juli)

    source : kemenpar

    Festival Musik dan Pertunjukan yang diselenggarakan di Pesantren Al Mizan Majalengka telah berlangsung satu dekade. Dimulai dari tradisi musik Ki Buyut yang digunakan untuk berdakwah bagi iman yang terbuka, kini menjadi festival keberagaman yang aktif dan unik.Menghadirkan berbagai aliran musik sufi, ditampilkan pula ekspresi seni dari lintas iman yang memperkaya ekspresi religius berbagai tradisi

About Author

client-photo-1
Ardi

Comments

Leave a Reply