5 Tips Aman Ketika Pulang Ke Kampung Halaman.

Momen mudik yang hanya terjadi menjelang Lebaran merupakan berkah tak terhingga bagi sebagian perantau. Rasa bahagia, haru sekaligus rindu, menjadi hal yang sangat dinanti para pemudik saat berencana pulang sementara ke kampung halamannya.

Bagi kamu yang melakukan mudik, berikut ini beberapa tips agar terhindar dari kejahatan saat di perjalanan menuju kampung halaman;

  1. Bawalah Uang Tunai Secukupnya

    pexels.com/raw pexels
    Ingat ya, jangan pernah membawa uang tunai dalam jumlah banyak ketika kamu melakukan perjalanan mudik. Jika pun kamu terpaksa membawa uang tunai untuk memberi saudara di kampung, pastikan kamu menyimpannya dengan rapi dalam tas dengan tingkat keamanan ekstra. Kamu tentu tidak ingin uang untuk keperluan Lebaran di kampung raib tanpa jejak digondol maling kan?

  2. Jangan Buka Hape Terus!

    pexels.com/raw pexels
    Karena manusia tak bisa lepas dari handphone, maka perjalanan mudik pun biasanya tak akan terasa lengkap tanpa menyentuhnya. Untuk sekadar jaga-jaga, jangan terlalu sering membuka handphone yaa karena bisa saja hal tersebut jadi bumerang bagi kamu sendiri. Apalagi handphone kamu canggih dengan harga fantastis, tentu membuat orang jahat tergelitik untuk memilikinya kan?

  3. Jangan Pakai Baju Yang Mencolok


    pexels.com/mentatdgt
    buat kamu yang akan melakukan perjalanan mudik dengan trasnportasi umum, jangan memakai baju ala artis nan glamor yaa. cukup gunakan pakaian yang sederhana dan jangan memakai banyak perhiasan. Para penjahat biasanya lebih mengincar pemudik yang memakai pakaian yang mencolok dari kebiasaan orang. 

  4. Jangan Melamun!

    pexels.com/raw pexels
    Selama perjalanan mudik, jangan biarkan pikiranmu kosong karena permasalahan hidup, apalagi mikirin jodoh yang akan dikenalkan ke orang tua. kalo kamu banyak melamun bisa jadi kamu menjadi sasaran empuk para pelaku hipnotis. hii seram 

  5. Jangan Cepat Akrab Dengan Orang Asing

    pexels.com/rawpixels.com
    Ada banyak modus tak terduga para pelaku tindak kriminal untuk mengelabui korbannya. Untuk mengantisipasinya, jangan terlalu akrab dengan orang asing yang baru dikenal apalagi dengan gelagat yang mencurigakan. Tetap waspada ya, karena pesan Bang Napi harus selalu kamu ingat: ‘kejahatan ada bukan hanya karena niat pelakunya, tapi juga karena tersedianya kesempatan’ waspadalah waspadalah!

Nah itu saja tips aman dari Qatu buat kalian yang ingin pergi ke kampung halaman, pokoknya hati-hati yaa. semoga selamat sampai kota tujuan, salam untuk keluarga kamu ya

About Author

client-photo-1
Wildan

Comments

Leave a Reply