Jika kamu liburan ke destinasi wisata dengan cuaca panas, alangkah baiknya kamu menyiapkan barang agar setelah pulang liburan kulitmu tidak kebakar. Nah Qatu akan memberikan info buat kamu yang ingin liburan ke tempat dengan cuaca panas

 

  1. Sunblock

    Source
    Dengan mengoleskan sunblock cream, kamu tidak perlu takut dengan cuaca panas. Beli dalam kemasan kecil, agar kamu dapat praktis membawa sunblock ke mana saja.

  2. Kacamata Hitam


    Source
    Selain kulit, kamu juga wajib melindungi mata kamu dari sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam.

  3. Topi


    Source
    Meskipun sudah memakai sunblock, jika masih ragu, kamu juga dapat menggunakan topi sebagai lapis kedua untuk melindungi wajah kamu dari teriknya matahari.

  4. Handuk Kecil


    Source

    Di sana kamu akan sangat berkeringat dan tidak jarang hingga menetes diwajah kamu. Kamu bisa mengelap keringat itu dengan handuk kecil yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

  5. Baju Cerah


    Source

    Teorinya adalah warna cerah dan putih lebih tidak menyerap panas jika dibandingkan dengan warna gelap. Hal ini juga berdampak pada warna pakaian yang akan kamu gunakan.

itu beberapa barang yang wajib kamu siapkan jika liburan ke tempat dengan cuaca yang panas. Selamat liburan!

Pernah gak sih kamu kebingungan ketika ingin mengambil koper setelah turun dari pesawat? Hal ini bisa membuat perjalanan menjadi terganggu dan masalah tersendiri. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, berikut beberapa tips mencegah koper kamu hilang atau rusak saat di bandara.

  1. Untuk kamu yang masih muda, asyiknya sih hiasi koper kamu dengan bermacam stiker. Supaya koper kamu tidak tertukar dan mudah dikenali


    Source

  2. Foto bagian luar dan dalam kopermu supaya bisa menjadi bukti dan mengajukan asuransi ketika hilang.

    Source

  3. Pastikan petugas menempelkan tag tujuan yang benar ke kopermu dan lepas tag lama untuk mencegah kebingungan

    Source

  4. Tempelkan nama serta nomor HP pada bagian luar dan dalam koper, karena label bagasi dapat mudah hilang

    Source

  5. Jangan meletakkan barang-barang berharga di dalam koper, sebaiknya gunakan tas terpisah dan selalu kamu bawa

    Source

 

Nah, kalau kamu sudah mempersiapkan itu semua. Gausah khawatir lagi deh kalau kehilangan koper di Bandara

Selalu cek masa berlaku paspormu sebelum merencanakan liburan ke luar negeri. Beberapa negara tidak memperbolehkanmu datang, kalau masa berlakunya kurang dari enam bulan. Inilah cara mudah untuk memperpanjang Paspor

  1. Syarat


    Source
    Syarat untuk melakukannya, hanya untuk kamu yang paspornya memasuki masa berlaku akan atau telah habis, halaman penuh, hilang, atau rusak. Iya, paspor matimu masih bisa diurus, meskipun sudah mati lama. Sedangkan, yang pengin mengganti paspor biasa menjadi e-paspor tidak perlu menunggu masa berlaku habis. Kamu bisa mengajukan pembuatan paspor baru kapan saja.

  2. Langkah-langkah


    Source
    Semua serba online, termasuk mengurus paspor. Berikut langkah-langkah dalam penggantian paspor:

    1. Buka laman https://antrian.imigrasi.go.id/ atau unduh aplikasi Layanan Paspor Online.
    2. Login dengan akun yang sudah didaftarkan.
    3. Isi data-data yang diperlukan, lalu pilih simpan.
    4. Pilih kantor imigrasi yang diinginkan.
    5. Pilih tanggal dan waktu kedatangan yang kamu inginkan.
    6. Kamu akan mendapatkan kode booking berupa QR Code.
    7. Datang sesuai jadwal yang telah kamu pilih.
    8. Foto dan wawancara.
    9. Bayar biaya penggantian paspor di bank yang telah ditentukan.
  3. Dokumen Yang Diperlukan


    Source
    – Paspor lama asli beserta fotokopinya (fotokopi bagian informasi data diri saja dalam ukuran A4).
    – KTP asli beserta fotokopinya (KTP harus difotokopi dalam ukuran a4).
    – Akta kelahiran, ijazah (SD/SMP/SMA), buku nikah, atau surat baptis yang asli beserta fotokopian.
    – Siapkan materai 6000.

  4. Biaya


    Source
    Harga mengurus penggantian, sama saja seperti membuat paspor baru.

    1. Paspor biasa 48 halaman Rp350 ribu
    2. E-paspor 48 halaman Rp650 ribu

Kereta api menjadi salah satu transportasi favorit setelah pesawat. Dengan harga yang lebih murah dibanding pesawat dan waktu tempuh yang lebih singkat dibanding bus atau mobil, fasilitas yang didapat pun cukup lengkap.

Tapi, ada beberapa orang yang kurang peduli nih ketika mereka ingin liburan dengan kereta api. Apa saja itu? yuk simak penjelasan dari Qatu.

  1. Membawa koper yang terlalu besar sehingga tidak bisa diletakan dibagasi. Mau gak mau ya kamu letakan di bawah kaki, perjalanan pun menjadi terganggu.


    Source

  2. Lupa pilih kursi kereta, seharusnya kamu memilih kursi kereta ketika melakukan pemesan. kan ga seru nanti duduknya jauh-jauhan sama teman liburan kamu


    Source

  3. Datang terlalu mepet. Alangkah baiknya kamu datang sejam sebelum pemberangkatan kereta, kita kan tidak tahu hal yang akan terjadi apa ketika selama perjalanan menuju stasiun.


    source

  4. Tidak membawa jaket, nah ini yang sering disepelekan beberapa penumpang terutama ketika perjalanan di malam hari. kereta biasanya akan lebih dingin ketika di malam hari


    Source

  5. Salah masuk gerbong, alangkah baiknya kamu jangan masuk gerbong dulu sebelum kamu memastikan gerbong yang tepat. Karena jika salah kamu akan mengganggu mobilitas selama di dalam gerbong, kan ga enak jadi desek-desekan.


    Source

Liburan memang salah satu hal yang ditunggu bagi semua orang ketika sudah dinantikan sejak lama, apa lagi jika liburan bersama keluarga, pasangan dan teman-teman. Kali ini Qatu akan membahas tips supaya keungan kamu tidak lepas kendali setelah liburan bersama teman-teman.

  1. Penginapan


    Source
    Penginapan adalah salah satu hal yang paling penting ketika liburan bersama teman-teman. Pasti kan kamu memilih penginapan yang memang bagus, nyaman dan tidak jauh dari destinasi yang dituju. Alangkah baiknya kamu menentukan dulu penginapan dimana dan harga berapa, supaya tidak terjadi bengkak budget.

  2. Transportasi


    Source
    Ini dia hal terpenting lainnya. Sedikit atau banyak destinasi yang mau dikunjungi, transportasi tetap harus dipikirkan. Jika perjalanan jauh lewat jalur darat, ada baiknya kamu dan teman-teman menyewa mobil. Kalau menggunakan transportasi umum maka pesan tiket promo agar lebih murah yaa

  3. Makan


    Source
    Nah, kalau liburan bersama teman-teman pasti budget untuk makan bengkak deh. Ya gimana tidak, pasti disetiap destinasi ada jajanan aneh yang mungkin saja belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

  4. Oleh-oleh

    Bukan orang Indonesia jika tidak dimintain oleh-oleh jika kita pergi ke suatu tempat. Tapi ingat ya, kamu juga harus membataskan budget untuk membeli oleh-oleh supaya ketika pulang ke rumah tabungan kamu jadi habis. Takutnya ada keperluan yang lain

  5. Darurat


    Source
    Terakhir dan tidak kalah penting, dana darurat. Dana ini harus ada karena di sepanjang liburan gak akan ada yang tahu apa saja hal yang bakal terjadi. Bukan berarti menginginkan hal yang gak menyenangkan muncul, tapi berjaga-jaga lebih baik dari pada panik gak karuan saat kejadian.

Itu saja tips dari Qatu mengenai budget selama liburan, jangan lupa dipersiapkan ya teman-teman.

Kamera merupakan salah satu perlengkapan yang cukup penting selama traveling. Buat kamu yang suka membawa kamera saat melakukan traveling, kamu perlu hati-hati ya selama perjalanan. Jika tak disimpan dengan benar selama traveling maka bisa saja kameramu akan rusak atau bahkan hal mengerikan lainnya seperti dicuri bisa saja terjadi jika kamu lalai. Kali ini Qatu akan membahas tips aman membawa kamera ketika sedang traveling.

  1. Jangan Sembarangan Mengeluarkan Kamera

    source
    Jangan sembarangan mengeluarkan kamera ketika kamu sedang traveling, karena hal itu bisa jadi mengundang kejahatan. Niatnya ingin bergaya eh malah mengundang kejahatan, kita kan tidak tahu lingkungan disaat traveling seperti apa. tetap waspada ya

  2. Jangan Mengemas Kamera dengan Sekaligus


    Source
    Jika kamera yang kamu gunakan untuk traveling adalah jenis DSLR, maka alangkah baiknya untuk melepaskan bagian-bagian kamera sebelum dimasukkan ke dalam tas mengingat ukuran kamera ini yang cukup besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kamera jika dimasukkan begitu saja ke dalam tas.

  3. Gunakan Aksesoris Secukupnya


    Source
    Kamu perlu tau kebutuhan kamera disaat kamu liburan, karena tidak semua aksesoris Kamera sesuai dengan kebutuhan kamu selama liburan.

Musim hujan sedang berlangsung, mungkin kamu memiliki banyak kegiatan yang ingin dilakukan, termasuk traveling. Tapi bingung kan gimana mau menikmati liburan jika keadaan hujan? nah kali ini Qatu akan memberikan informasi mengenai tips liburan disaat musim hujan.

  1. Bawa Jas Ujan atau Payung

    Source
    Traveling saat musim hujan wajib membawa jas hujan atau ponco. Sebaiknya bawa jas hujan yang tipis dan ringan, supaya gak membuat tas terlalu penuh. Kamu juga bisa membawa payung kecil yang ringan, praktis dibawa ke mana-mana.
  2. Buka Aplikasi Ramalan Cuaca

    Source
    Cek cuaca di tempat tujuanmu. Kamu bisa mencari informasi tentang cuaca melalui Aplikasi atau internet. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi cuaca yang akan terjadi saat akan pergi.
     
  3. Gunakan Pelindung Tas

    Source
    Selain pakaian, barang lainnya yang harus dilindungi dari hujan adalah tas, terutama kalau kamu memakai backpack. Gak cuma itu, kalau kamu membawa koper, disarankan juga menggunakan penutup seperti ini.
  4. Bawa Multivitamin

    Source
    Musim hujan dengan suhu yang berubah-ubah bisa membuat kita sakit, terutama seperti flu, batuk, atau demam. Untuk mencegahnya, membawa multivitamin adalah solusi terbaik. Dengan begini, traveling jadi lancar karena tubuh selalu fit dan bugar.

nah itu tips dari Qatu untuk kamu yang mau liburan disaat musim hujan, tetap hati-hati ya!

Liburan memang menyenangkan, bisa liburan dengan pasangan, keluarga bahkan liburan sendirian. Nah sampai saat, pernahkah kamu berpikir tentang apa harapan orang yang sedang berlibur ke tempat wisata? Kali ini Qatu akan memaparkan beberapa harapan orang-orang saat liburan.

  1. Menghilangkan Beban Pikiran


    Source
    Nah ini, biasanya liburan adalah momen dimana oranng-orang ingin menyegarkan pikiran dan melepaskan penat setelah aktivitas kerja yang mungkin saja membosankan dan mem”batin”.

  2. Menikmati Hidup


    Source
    Hidup hanya sekali, maka lakukan hal-hal yang keren selama hidup kita. Termasuk liburan ke tempat-tempat yang belum kita kunjungi sebelumnya. Jika aktivitas kamu padat, sempatkan liburan di akhir pekan dengan harapan kamu bisa lebih menikmati dan mensyukuri makna hidup.

  3. Mendapat Teman Baru


    Source
    Ya jelas, ketika kita liburan pasti kita menemukan banyak orang. Mungkin saja ketika kamu sedang menikmati tempat tersebut ada orang asing yang tiba-tiba mengajak ngobrol, kan enak kalo kita pulang liburan mendapat teman baru. Bahkan mungkin kamu ketemu jodoh ketika liburan hehe.

  4. Dunia Itu Luas


    Source
    Dunia itu sangat luas, ada beberapa tempat yang benar-benar menarik untuk dikunjungi sehingga muncul istilah “tempat wisata”. Makanya banyak orang yang melakukan liburan ke tempat wisata untuk mengenal dunia ini lebih jauh lagi.

Itulah beberapa harapan terbesar orang saat liburan ke tempat wisata, kalau kamu harapannya apa? ayok ceritakan harapan kamu ketika liburan

Berwisata ke alam memang mengesankan, karena kita bisa lebih bersyukur dan menikmati ciptan Tuhan. Nah jika kamu berwisata alam dan ingin berkemah, alangkah baiknya kamu menyiapkan barang-barang yang semestinya disiapkan untuk berkemah. Mau tau barang apa saja? Yuk kita simak penjelasan dari Qatu.

  1. Tenda

    source
    Barang yang paling penting dibawa! Jika kamu berkemah kamu harus menyiapkan tenda yang sesuai dengan kapasitas. Misal jika kamu berkemah bersama 4 orang, maka alangkah baiknya kamu pun membawa tenda untuk 4 orang. Jangan sampai tenda yang kamu bawa malah kekecilan dan membuat kemah kalian menjadi tidak nyaman.

  2. P3K


    Jika kamu sedang berada di alam, resiko kamu terluka pun semakin besar. Bawalah obat-obatan seperti plester, alkohol dan kapas jika sewaktu-waktu kamu terjatuh dan mengalami pendarahan.

  3. Lampu Portable


    source
    Karena di alam bebas kamu tidak dapat menemukan sumber cahaya ketika malam hari, alangkah baiknya kamu membawa senter atau lampu portable untuk memudahkan mobilitas kamu selama berkemah.

  4. Kantong Sampah


    Source

    Ingat, dimanapun kamu berada jangan sampai membuang sampah sembarangan. Terutama jika kamu sedang liburan ke alam bebas, jaga kebersihan ya. Siapkan kantung sampah untuk membawa sampah-sampah bekas kamu bermalam di tempat tersebut. ingat, jangan sampai ada sisa ya.

  5. Lotion Anti Serangga


    source
    nah ini barang penting yang terakhir, ketika kita berkemah pasti ada saja kan serangga yang akan ikut “akrab” dengan kita. Daripada tidak nyaman, alangkah baiknya kamu membawa lotion anti serangga.

Itulah barang yang wajib dibawa ketika berkemah, jangan sampai ketinggalan yaa!

Memang sih, ketika kita memulai suatu kegiatan untuk pertama kalinya pasti bikin grogi bahkan bingung harus berbuat apa. iya gaksih? Nah sama pula dengan pergi ke Luar Negeri. kali ini Qatu akan menyampaikan beberapa tips untuk kamu yang ingin pertama kali ke Luar Negeri

  1. Terlalu Banyak Bawa Barang


    source
    Nah, biasanya nih kalo pertama kali kamu pergi Keluar Negeri pasti bingung baju apa saja yang harus dibawa. malah yang ada penuh-penuhin koper saja. Hal ini bakal bikin kamu repot sendiri, karena banyak benda yang ujung-ujungnya tak terpakai. lagi pula kan sekarang harga bagasi pesawat cukup mahal loh

     

  2. Tidak Mau Berbaur Dengan Penduduk


    source
    Salah satu  manfaat traveling ke tempat asing adalah kamu bisa memandang dunia lebih luas, karena banyak bertemu dengan orang maupun hal-hal baru. Sama seperti liburan ke luar negeri, manfaatkan waktu untuk berbaur dengan warga lokal.

  3. Tidak Menyiapkan Obat Pribadi


    source
    obat-obatan pribadi pun wajib kamu bawa, terutama jika kamu punya salah satu penyakit tertentu. ga enak kan lagi asik-asik liburan terus direpotin harus cari apotek ketika penyakit kamu kambuh

  4. Riset Tempat


    source
    Waktu datang ke negeri orang, salah satu hal yang wajib banget dilakukan adalah riset. Berbeda daerah, pasti beda pula budaya dan kebijakannya. Kamu mesti tahu apa saja larangan, peraturan, dan kebiasaan yang mereka punya di sana

nah segitu aja tips dari Qatu, masih banyak sih tips-tips dari Qatu untuk kamu yang ingin liburan ke Luar Negeri. tapi nanti dulu yaa sabar