Pelepasan Ribuan Lampion di Festival Budaya Dieng

Menerbangkan Lampion di Festival Budaya Dieng.

Dieng Plateu merupakan desa yang terletak diatas awan, berada pada ketinggian 2093 mdpl dan terletak di antara dua kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dataran tinggi dieng ini memiliki keindahan alam yang luar biasa serta banyak memiliki situs sejarah yang terbukti dari banyaknya peninggalan candi-candi Hindu tertua. Dieng saat ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dieng juga memiliki beberapa acara yang biasa diadakan setiap tahunnya. Salah satu nya adalah Festival Dieng 2019. Festival Dieng tahun ini akan diadakan pada tanggal 3 s.d 5 Agustus 2019. Dalam Festival Dieng 2019 ini akan banyak kegiatan dan atraksi yang disajikan seperti pergelaran musik, kongkouw budaya, pesta lampion, sendratari Dieng, pentas tari tradisional, kitab dan parade budaya, serta pencukuran anak-anak yang berambut gimbal. Selain kegiatan rutin, terdapat juga penambahan acara seperti festival tumpeng dan festival bunga. Semua kegiatan dan atraksi ini akan dirangkul dalam satu rangkaian acara. Event ini juga telah terkenal dimancanegara dan masuk dalam top 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia.

Setiap atraksi yang dilakukan memiliki konsep dan arti “something to see, something to do, something to buy” . Pergelaran Festival Dieng 2109 akan mengajak wisatawan untuk melukis caping, memakai kain batik, menerbangkan lampion, dan lain sebagainya.

Lampion yang menghiasi langit-langit dieng saat Festival Dieng.

Salah satu alasan untuk ikut dalam Festival Dieng 2019 adalah pelepasan lampion ke langit-langit di malam hari. Menerbangkan lampion merupakan salah satu atraksi yang paling menarik pada Festival Dieng 2019 ini.

Setiap peserta yang ikut dalam Festival Dieng 2019 ini akan di berikan goodie bag yang berisi perlengkapan atraksi dan salah satunya adalah lampion. Setiap peserta nantinya bisa menerbangkan lampion. Menerbangkan Lampion membutuhkan kesabaran, tidak boleh tergesa-gesa, setelah menyalakan api kita harus tunggu kurang lebih 5 menit sampai udara pada lampion pun terisi. Lampion akan terangkat ke udara dengan sendirinya. Ketika kita melepasnya, lampion pun akan terbang tinggi ke atas mengikuti angin bertiup.

Menerbangkan lampion pada Festival Dieng 2019, Cahaya merah dari lampion memiliki makna filosofis tersendiri. Nyala merah lampion menjadi simbol pengharapan bahwa di tahun yang akan datang diwarnai dengan keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan. Legenda klasik juga menggambarkan lampion sebagai pengusir kekuatan jahat.


“Bahagia itu sederhana, dapat berhasil menerbangkan Lampion pun sudah sangat bahagia karena dipercaya Lampion merupakan Simbol Kebahagiaan dan Harapan,”

Terlepas dari filsofinya, atraksi ini sangat menyenangkan. Langit didataran dieng dihiasi dengan ribuan lampion. Pelepasan ribuan lampion yang beraneka ragam warna menjadikan langit diatas dieng menjadi tempat yang indah, cantik dan semarak. Langit didataran dieng dihiasi dengan ribuan lampion. Kenangan ini ga akan pernah bisa dilupakan. Sambil menikmatinya,  Kamu bisa mengabadikan moment ini dalam bentuk foto atau video.

About Author

client-photo-1
rancupid

Comments

Leave a Reply