Jangan Panik! Ini Yang Harus Dilakukan Jika Sedang Traveling Terjadi Gempa

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja, terlebih bagi kita yang tinggal di Negara yang termasuk dalam ring of fire atau cincin api. Untuk itu, kita harus mempersiapkan berbagai hal supaya bisa meminimalkan resiko dan dampak gempa bumi, serta tetap dapat bertahan hidup ketika bencana alam tersebut terjadi.  Jadi, apa saja yang harus kita lakukan? Nih Qatu kasih tipsnya

 

  1. Jika berada di dalam ruangan

    Pexels.com/emre can
    Ketika berada di dalam ruangan dan tidak sempat untuk menyelamatkan diri keluar, kamu harus melindungi kepala dan badan dari reruntuhan yang mungkin jatuh. Kamu bisa berlindung dibawah meja yang dirasa kokoh dan hindari berada di sebelah benda-benda yang mungkin menimpamu.
  2. Jika berada diluar ruangan

    pixabay.com
    Jika berada di luar ruangan, berlarilah ke area dengan tanah yang lapang untuk menghndari bangunan yang si sekitar yang mungkin roboh seperti gedung dan tiang listrik. Perhatikan pula tempat kamu berpijak, hindari dan menjauhlah dari rekahan tanah.
  3. Jika di Kendaraan

    pixabay.com

    Menepi dan turunlah dari kendaraan yang kamu bawa saat itu juga. Kamu perlu menjauh dari kendaraan untuk menghindari rekahan tanah atau bahkan kebakaran yang terjadi. Tinggalkan dahulu kendaraan tersebut dan selamatkan dirimu.
  4. Jika Berada di pantai

    pixabay.com
    Apabila gempa terasa di pantai, ada kemungkinan lain yang dapat terjadi yaitu gelombang terjadi. Beberapa gempa yang terjadi di laut dapat berpotensi tsunami. Untuk itu, jauhi bibir pantai dan lari ke tempat lebih tinggi, menghindari terjadinya gelombang tsunami. Pantau selalu himbauan dan informasi dari pemerintah untuk mengetahui potensi gempa bumi yang terjadi.
  5. Jika berada di Pegunungan

    pexels.com/archie binamira
    Hal yang dapat kamu lakukan ketika terjadi gempa bumi jika berada di gunung adalah dengan menjauhi tebing yang dapat terjadi longsor. Perhatikan juga keadaan sekitar dan pijakan, jauhi retakan tanah. Selalu jaga kekompakan tim dan usahakan jangan terpisah satu sama lain dengan teman seperjalanan.

Nah itu saja tips dari Qatu jika menghadapi gempa bumi disaat kamu sedang traveling. jangan lupa, jika gempa telah selesai kabarkan keluarga atau saudara bahwa kamu baik-baik saja yaa. Stay Safe Guys! 

About Author

client-photo-1
Wildan

Comments

Leave a Reply