Traveling Pintar Sambil Menjaga Lingkungan

Traveling adalah salah satu kegiatan yang paling ampuh untuk mengusir kepenatan atas aktivitas sehari-hari, terutama bagi kita yang sudah berkerja. Memanfaatkan hari libur dengan traveling memang telah menjadi bagian gaya hidup banyak orang. Tetapi terkadang saat traveling, kita lupa untuk menjaga lingkungan. Nah! Karena itu, mulai sekarang kita harus bisa menjadi Traveler yang pintar. Tidak hanya sekedar traveling untuk ber-haha-hihi atau pamer dimedia sosial tetapi kita harus menerapkan konsep traveling yang selalu peduli terhadap keadaan alam.

Mau tau gimana caranya traveling asik tapi tetap menajaga kebersihan? nih Qatu kasih tipsnya :

  1. Tidak buang sampah sembarangan

Nah ini yang paling penting Sobat Qatu, traveler yang peduli terhadap alam tentunya tak lepas dari kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Kalau kamu tidak menemukan tempat sampah, tak ada salahnya untuk sementara memegang atau menyimpan sampah di kantung atau tas kamu. Nah supaya gak repot, sediakan saja plastik kecil untuk menaruh sampah sementara. Setelah ada tempat sampah baru deh dibuang.

  1. Bawa botol minum sendiri

Selama kamu bepergian, coba deh untuk mulai membawa botol minum sendiri. Sebelum berangkat jalan tentunya jangan lupa untuk mengisi botol minum dari rumah atau hotel. Selain bisa menghemat budget kamu untuk membeli air minum kemasan, Hal ini juga dapat mengurangi sampah botol kemasan plastik yang biasa dijual di warung.

  1. Hemat air saat mandi

Sayang dengan bumi bisa dimulai dengan menggunakan air secukupnya, termasuk saat mandi. Sebaiknya kamu jangan membuang-buang air selama mandi. Tak hanya di rumah tapi juga di hotel.

  1. Selama bisa jalan kaki, kenapa tidak??

Jika kamu mengunjungi suatu tempat, tapi jaraknya tidak terlalu jauh kenapa tidak dengan jalan kaki? selain bisa mengurangi budget, dengan jali kaki bisa bikin tubuh lebih sehat loh, dan  yang penting kamu tidak berkontribusi untuk menambah polusi udara. berjalan kaki pun kita merasa seperti menyatu dengan warga sekitar, kita bisa berinteraksi dengan mereka.

5. Menggunakan reuseable produk dan less plastic

Traveler juga bisa berkontribusi langsung dalam menjaga lingkungan hidup. Caranya membawa Reuseable straw (sedotan), sikat gigi yang terbuat dari kayu (agar tidak sekali pakai pastinya). Selain itu daripada menggunakan tisu, akan lebih baik jika menyiapkan handuk kecil atau saputangan untuk menyeka keringat. Mulai dari hal sederhana saja pasti akan memberikan manfaat yang banyak bagi lingkungan kita. Lets try it 🙂

eh tapi, Inget ya jalan kaki untuk trip dekat saja, kalo yang jauh ya tetap harus pakai kendaraan. kecuali kamu emang traveller sejati! 😀

Jadi, mulai sekarang, kalau jalan – jalan jangan mikirin seneng – seneng dan pamer foto melulu yaaa, ingat! Dibelakang kita ada anak cucu yang masih mau menikmati alam yang tetep bersih dan terjaga.  Ayok jika kamu mau travelling tetap harus mejaga lingkungan alam, jalan bersama Rancupid Travel. Kita jamin, pengalaman travel kamu akan menyenangkan. yeayy

Kalau Tempat wisata bersih nyaman dan bagus , kan kamu juga yang nikmatin guys…Happy Traveling ya !

About Author

client-photo-1
Wildan

Comments

Leave a Reply