Trip Bareng Wae Rebo…

Kali ini RancupidTravel ngadain Trip bareng Overland flores dan Sailing komodo. Trip Overland flores dan Sailing Komodo selama 7D6N ini menjadikan pengalaman yang tak terlupakan. Keseruan Perjalanan dan keindahan tempat wisata yang kita kunjungi membuat kita benar-benar menikmati moment pada saat itu. Pulau Flores termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur dan memiliki beberap wisata yang sudah diakui dunia bahkan salah satunya termasuk 7 wonders of the world.

Hari pertama tiba dibandara Labuan Bajo jam 10 pagi waktu disana. Itenerary pertama landed kita langsung menuju ke Wae rebo. Perjalanan dari bandara Labuan bajo ke Wae rebo lumayan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Diawal kita uda siapin transport, hotel dan akomodasi lainnya selama di Flores dan Sailing Komodo nanti.

Wae Rebo

        

Wae Rebo, sebuah kampung tradisional yang terletak di dusun terpencil tepatnya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang begitu terkenal dengan sebutan kampung di atas awan.  Wae Rebo dinyatakan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 menyisihkan 42 negara lain. Makanya kamu harus nyobain sendiri kesini.

Sekitar jam 4 Sore kita sudah sampai di desa Denge. Desa denge merupakan start miting point bagi yang mau ke Wae rebo. Oya usahakan tiba didesa denge sebelum jam 6 sore ya karena setelah jam 6 sore atau kalau sedang berkabut dilarang untuk mendaki ke Wae rebo. Bagi yang belum pernah kesana, mungkin bisa pakai jasa guide sekalian porter. Treking ke Wae rebo sangat membutuhkan tenaga dan kondisi badan yang fit, apalagi ketika musim hujan jalanan lebih licin dari biasanya. Lama rentang waktu Treking Wae rebo ini juga bervariasi tergantung kondisi fisik kita dan medan jalannya, Ada yang hanya 2 jam tapi ada juga yang butuh lebih lama dari itu.

Sambil menikmati suasana desa Wae rebo, kamu bisa ngobrol sama penduduk Wae rebo nya, Penduduknya ramah dan sangat terbuka. Kegiatan mereka disana biasa memanen dan mengolah kopi. Sambil ngobrol juga kamu boleh foto-foto sepuasanya. Sesampainya di Wae rebo nanti akan disambut dengan upacara adat setempat. Selama di Wae rebo kita wajib mengikuti aturan adat disana. oya ada aturan disini kalau kamu boleh foto-foto setelah acara adat berlangsung karena harus minta ijin dulu. Upacara adat yang diadakan itu bermaksud sebagai ritual wajib untuk pendatang sehingga pendatang (wisatawan) nantinya dapat diakui sebagai penduduk Wae rebo juga.

Selama di Wae rebo kita akan diberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.  Salah satu rumah di Wae rebo (Mbaru Niang) dijadikan penginapan untuk wisatawan yang datang. Jadi selama disana nanti kamu akan ngerasain gimana jadi penduduk Wae rebo sejatinya.

Malam hari kamu bisa menikmati langit yang terang karena bintang, oya yang mau cari milkyway disini spot yang paling bagus bahkan sudah terkenal di komunitas fotografi. Selagi disana kamu juga bisa menyeruput kopi khas Wae rebo. Ketika disana nanti kamu bisa melihat banyak tanaman kopi yang siap dipanen. Setelah bermalam diWae rebo besoknya kembali ke desa denge dan melanjutkan destinasi selanjutnya.

 

Selamat menikmatimati Wae rebo yaa…

About Author

client-photo-1
rancupid

Comments

Leave a Reply